Gardu Opini

Kelompok Diskusi Ala Nongkrong Anak “Sejarah”

Gardu Opini, merupakan sebuah komunitas dialogis kecil yang terbentuk pada 2008 di Jogjakarta. Komunitas ini hanya merupakan sebuah kelompok diskusi menyerupai study club yang keanggotaannya secara eksklusif terbatas bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah sebuah universitas swasta di Jogjakarta.

Kelompok diskusi ini terbentuk sebagai kerinduan sekelompok mahasiwa Pendidikan Sejarah (yang notabene adalah calon-calon pendidik sejarah: sejarahwan pendidik) yang menginginkan adanya sebuah kelompok belajar dan diskusi secara ringan dan berbasis pada wawasan ilmiah. Tujuannya sederhana; pengetahuan akan sejarah perlu didiskusikan untuk memperoleh sebuah keutuhan dalam memahami peristiwa sejarah (pemahaman sejarah), sarana komunikasi dan informasi sejarah yang tidak dapat diperoleh secara menyeluruh di bangku kelas perkuliahan, dan yang juga terpenting: sebagai sarana memper-erat ikatan emosional (kekeluargaan dan jalinan relasi) antar mahasiswa pendidikan sejarah.

Melalui konsep nongkrong, ala angkringan, dan ngobrol obrolan ringan-santai tapi bermanfaat, Gardu Opini mencoba mengakomodasi kebutuhan tersebut. Filosofi sederhana sebagai konsep dasar nama Gardu Opini adalah: tempat ngumpul dan nongkrong bareng di sore hari sambil ngobrol-ngobrol tapi yang bermanfaat. ngobrol tapi ada dasar dan ilmiah sedikitlah setidaknya. Tujuannya pun sederhana; semakin menambah wawasan dan pengetahuan akan sejarah maupun rumpun ilmu sosial lainnya.

Prinsip kami tidak tinggi-tinggi, yang terpenting bermanfaat, bukan kegiatan kesibukan, dan mulai saja dari hal-hal yang paling kecil dan sederhana. Intinya: tak perlu bermimpi (utopis).

Gardu: Pondok kecil yang mempunyai fungsi sosial (sarana sosialisasi dan bercengkrama) dalam masyarakat (pos jaga, pos kamling, pos ronda, tempat ngumpul-ngumpul). Artinya, tempat ngumpul, nongkrong, ngobrol secara santai, ringan, tetapi berbobot.

Opini: Berpendapat, ber-argumen, berintepretasi dengan dasar-dasar keilmiahan. Artinya, meski sambil nongkrong dan ngumpul-ngmpul tapi yang dibicarakan bukan ngawur, tetapi ada dasarnya.

Be the first to start a conversation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: